Pemerintahan ›› Sejumlah Pejabat Pemkot Akhirnya Dimutasi

Sejumlah Pejabat Pemkot Akhirnya Dimutasi

Ambon - Walikota Ambon, Richard Louhenapessy akhirnya melantik sejumlah pejabat eselon II dan eselon III di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon setelah selama ini santer menjadi bahan perbincangan publik.

Sebanyak 23 pejabat yang terdiri 14 pejabat eselon II dan 9 orang pejabat eselon III dilantik dan diambil sum­pah oleh Walikota Ambon, berdasarkan Surat Ke­pu­tu­san Walikota Ambon Nomor 520 tahun 2012 tertanggal 10 Mei 2012. Pelantikan terse­but dipusatkan di Balai Kota Ambon, Jumat (11/5).

Pejabat yang dilantik ter­sebut terdiri dari Asisten Bidang Pemerintahan Sekre­tariat Kota (Setkot) Ambon, Jopie Tepalawatin yang se­belum menjabat Kepala Di­nas Kebersihan dan Perta­manan Kota Ambon; Asisten Bidang Pereko­nomian, Pembangunan dan Kesejah­teraan Rakyat, Piet Saimima yang sebelumnya Kepala Dinas Peri­kanan dan kelautan Kota Ambon, Asisten Bidang Administrasi Umum, Romeo Soplanit sebelum menjabat Kepala Badan Kepegawaian Kota Ambon.

Walikota juga mempercayakan Staf Ahli Walikota Bidang Pemba­ngunan kepada Fahmi Salatalohy yang sebelumnya Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Kepala Inspektorat Kota Ambon dijabat Jacky Talahatu yang sebe­lumnya Kepala Bagian (Kabag) Ker­jasama dan Promosi Pengembangan Ekonomi Kota Ambon, Kepala Dinas Kesehatan kini ditempati Zubaedah Tresya yang sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon kini dipercayakan kepada Wa Ode Muna yang sebelumnya Sekretaris Kor­pri Kota Ambon, Kepala Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Dis­peridag) ditempati Rudy Ferdinand Wattilette yang sebelumnya Kepala Tenaga Kerja Kota Ambon, sebalik­nya jabatan yang ditinggalkan Watti­lette ditempati Adser Lamba yang se­be­­lumnya Kadis Perindag Kota Ambon. Kadis Kebersihan dan Pertama­nan kini dijabat Morits Robert Lantu yang sebelumnya Kadis Perghubu­ngan. Jabatan Kadis Perhubungan kini dijabat Angganoto Ura yang sebe­lumnya Sekretaris Perhubungan Kota Ambon.

Kepala Dinas Kelautan dan Peri­kanan dijabat Ferdinanda (Nanda), J Louhe­napessy sebelumnya Kepala Bidang Pengawasan dan Pengenda­lian Lingku­ngan DKP Kota Ambon, Kadis Tata Kota dijabat M Novel Masuku sebelumnya Sekretaris Dinas Tata Kota serta Kepala Badan Kepe­gawaian Kota (BKK) Ambon di­per­cayakan kepada Benidiktus Selanno sebelumnya menjabat Kabag Umum DPRD Provinsi Maluku.

Untuk jabatan eselon III yang dilantik yaitu Sekretaris Korpri Stefen R Rewaru, Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan Frederik Lekatom­pessy, Kepala Kantor Pe­ngendalian Dampak Lingkungan (PDL), Luzia Izzak; Sekretaris KPU Kota Ambon, Paulus Lekatompessy; Kabag Humas dan Protokoler, Joy Adriaz; Kabag Kerjasama dan Promosi Pengemba­ngan Ekonomi, Remon Wattimena; Camat Teluk Ambon, Muhammad Nasir Rumata; Camat Teluk Ambon, Baguala Karel Patotnem dan Camat Leitimur Selatan, Richard Luhukay.

Pada pelantikan kali ini, ada dua camat yang tidak mendapat jabatan alias non job, yakni mantan Camat Teluk Ambon Baguala, Neltje Latuny dan mantan Camat Teluk Ambon, Raihan Sopamena. Keduanya dikem­balikan ke Badan Kepegawaian Kota Ambon sebagai staf biasa. Walikota Ambon, Richard Louhe­napessy da­lam sambutannya me­nga­takan, proses pelantikan terse­but merupakan upaya untuk mem­perbaiki kerja. “Proses pelantikan yang dilaku­kan tersebut merupakan optimalisasi kinerja dan bukan perombakan biro­krasi,” katanya.

Diakuinya pejabat-pejabat yang dilantik tersebut adalah staf yang sudah teruji yang telah menunjukan kualitas, kapasitas dan perge­seran jabatan merupakan bagian dari kebu­tuhan organisasi. (S-26)



Berita Terkait


Ambon