Daerah ›› Sosialisasi UU Lalin Yang Baru, Polres Gelar Roadshow

Sosialisasi UU Lalin Yang Baru, Polres Gelar Roadshow

Ambon - Dalam rangka mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, maka Kepolisian Resort (Polres) Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menggelar roadshow yang diikuti oleh ratusan kendaraan bermotor roda dua.

Roadshow yang digelar Minggu (24/1) yang dimulai pagi hari ini melibatkan peserta yang diperkirakan mencapai empat ratus kendaraan dan datang dari berbagai kalangan seperti TNI / Polri, PT Jasa Raharja dan masyarakat umum lainnya.

Kapolda Maluku Brigjen Polisi Totoy Herawan Indra dalam pengarahannya kepada para peserta di Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease mengatakan, tujuan digelarnya roadshow ini adalah untuk mensosialisasikan Undang-Undang Lalu Lintas yang baru.

"Tujuannya yaitu agar masyarakat tahu Undang-Undang yang baru, sehingga dalam berkendaraan dapat sesuai dengan apa yang digariskan dalam Undang-Undang," jelasnya dihadapan para peserta roadshow.

Kepada seluruh peserta roadshow Kapolda meminta, untuk dapat menunjukan kepada masyarakat bagaimana cara berkendaraan di jalan yang benar.

Turut dalam rombongan roadshow Kapolda Maluku Brigjen Polisi Totoy Herawan Indra, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Bambang Hermanto, Dirlantas Polda Maluku Kombes Pol Edy Suyatno, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Didik Agung Widjanarko serta sejumlah perwira TNI/Polri dimana seluruhnya mengendarai kendaraan roda dua.

Roadshow sendiri dibagi menjadi tiga etape yaitu etape pertama dari Mapolres menuju ke Pantai Namalatu. Etape kedua dari Namalatu menuju ke Rindam XVI/Pattimura dan etape ketiga dari Rindam menuju ke Makorem 151/Binaiya.

Kapolda Maluku pada kesempatan itu diberi kesempatan untuk melepaskan para peserta dnegan mengibarkan bendera start bagi para peserta sebagai tanda dimulainya roadshow.

Di sepanjang perjalanan, seluruhnya kendaraan yang ditumpangi para peserta menyalakan lampu depan kendaraan mereka, karena memang hal ini diisyaratkan sesuai dengan UU Lalin yang baru. Pelanggaran terhadap hal ini bakal dikenai denda sebesar Rp 100 ribu.

Saat dalam perjalanan, jika peserta roadshow berpapasan dengan pengendara sepeda motor lainnya dan tidak menyalakan lampu, maka para peserta memberi isyarat kepadanya untuk menyalakan lampu sepeda motor tersebut.

Ketika tiba di Namalatu, para peserta beristirahat sekitar 20 menit. Disela-sela istirahat, Danrem 151/Binaiya Kolonel Bambang Hermanto mengingatkan kepada para peserta roadshow terutama dari unsur TNI untuk bisa menjaga kerapian barisan rombongan dengan tidak saling menyalip.

"Jika melewati gereja dan saat itu orang ada beribadah, hendaknya jangan membunyikan klakson jika memang tidak dalam keadaan terpaksa," katanya.

Ia juga memperingatkan kepada para anggota TNI yang biasanya sering membawa kendaraan dengan kebut-kebutan agar bisa memperhatikan hal ini.

"Kita harus saling menghormati dan dalam berkendaraan harus mentaati peraturan yang berlaku. Jangan karena dengan pakaian dinas lalu kemudian kebut-kebutan. Jika mau membalap hendaknya tanggalkan pakaian dinasmu," tegasnya.

Disepanjang perjalanan, peserta roadshow ini menjadi tontonan menarik dari masyarakat yang berada di pinggir jalan karena panjangnya rombongan yang mencapai ratusan meter.

Sementara itu, Dirlantas Polda Maluku Kombes Pol Edy Suyatno kepada wartawan mengatakan, saat ini jajarannya akan terus melakukan sosialisasi UU baru ini kepada masyarakat.(S-28)



Berita Terkait


Ambon