Daerah ›› Tahun Depan, Pemprov Bantu Masyarakat Manipa

Tahun Depan, Pemprov Bantu Masyarakat Manipa


Ambon - Direncanakan pada tahun 2012 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan membantu masyarakat di Kecamatan Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Hal ini diungkapkan, Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff saat melakukan dialog perdamaian dan pembukaan Liga Manipa Peace Cup, di Desa Luhutubang, Kecamatan Pulau Manipa, Kabupaten SBB, Jumat (11/11), menyikapi kondisi masyarakat setempat yang memprihatinkan.

Dengan adanya otonomisasi daerah, lanjutnya, maka ada pembagian tugas antara gubernur dengan bupati/walikota. Sehingga persoalan-persoalan yang dialami oleh masyarakat di Kecamatan Manipa tidak semuanya harus diselesaikan oleh pemerintah provinsi.

Saat ini, kata Assagaff, Pemprov Maluku sementara berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan, dimana ditargetkan hingga tahun 2013 mendatang angka kemiskinan Maluku turun menjadi 12,5 persen, sehingga program-program pemberdayaan terus dilakukan.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Agus Simaela mengatakan, pada tahun 2012 mendatang, pihaknya akan mengalokasi bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Manipa ini berupa perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

“Kita akan memberikan enam buah kerambah pada bulan Mei 2012 mendatang, disertai dengan pelatihan kepada masyarakat setempat,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Romelus Far-Far mengatakan, pihaknya akan memberikan pelatihan bagi masyarakat di Pulau Manipa dengan menghadirkan para narasumber yang memiliki potensi.

“Naraumber akan menjelaskan bagaimana caranya mendapatkan KUR, mendirikan koperasi dan lain sebagainya bahkan seluruh biaya training akan kita tanggung,” jelasnya.

Ditambahkan, pelatihan ini penting dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui bagaimana caranya memperoleh pinjaman di perbankan, maupun upaya pendirian sebuah koperasi, agar tingkat perekonomian masyarakat di dareah ini tumbuh dengan baik.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Dinas PU Provinsi Maluku, Ismael Usemahu. Usemahu menjelaskan, pihaknya akan berkordinasi dan membantu Pemkab SBB baik untuk jalan, pembangunan kantor desa, jembatan maupun talud.

Sementara itu, Kepala Bidang Farmasi dan Makanan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Farian Tan Ricardo mengatakan, pada bulan April tahun 2012 mendatang, pihaknya akan membantu masyarakat untuk menempatkan dokter dan bidan PTT.

“Penempatan dokter maupun bidan PTT tersebut berdasarkan usulan dari Pemkab setempat, namun kita akan berkordinasi dengan Pemkab untuk nantinya dokter maupun bidan PTT bisa ditempatkan di Pulau Manipa ini,” ujarnya. (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon