Kriminal ›› Tiga Rumah Kos Dilalap Api, Dua Tewas

Tiga Rumah Kos Dilalap Api, Dua Tewas


Ambon - Kebakaran hebat menghanguskan tiga unit rumah yang dijadikan sebagai kost-kosan di kawasan Jalan Sedap Malam Kelurahan Hunipopu Keca­matan Sirimau Kota Ambon. Dua orang dinyatakan meninggal dunia.

Peristiwa itu terjadi Selasa (8/1), sekitar pukul 18.00 WIT, meng­akibatkan rumah milik Larase, Dulla dan Andi  tepatnya di belakang gedung Kantor Perpustakaan Wilayah Propinsi Maluku ludes dilalap api.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, berdasarkan penjelasan Tini, salah satu penghuni kos-kosan, saat terjadi kebakaran ia sementara berada di dalam kamar, tiba-tiba terdengar teriakan dari luar ada kebakaran. Sontak  wanita 34 tahun itu berlari  keluar dari TKP untuk mengamankan diri.

Tak hanya Tini, keterangan La Rasi pemilik salah satu rumah kosa-kosan yang keseharian berprofesi sebagai sopir angkot, menjelaskan, saat kejadian ia sementara berada di dalam kamar.

Ketika mendengar teriakan dari luar ada kebakaran, La Rasi langsung matikan aliran listrik, namun api sudah membesar. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dunia yakni Dunia Wa Bintang Umur (6) yang  memilki riwayat cacat mental dan fisik serta La Seke  (15 ).

Kuat dugaan penyebab kebakaran akibat terjadi arus pendek (korslet). Kapolres Ambon dan Pulau pulau Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso yang dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Kapolres yang turun ke TKP langsung mengamankan TKP membantu memadamkan api dan mengecek kebenaran korban yang meninggal.

Saat dikonfirmasi, perwira dengan dua melati di pundaknya itu belum mau berkomentar banyak, namun ia menyampaikan penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan.

“Dugaan awal hubungan arus pendek. Namun Kasus kebakaran ini masih dalam penyelidikan,” ujarnya singkat.

Sekitar pukul 18.00 WIT, Walikota Ambon Richard Louhenaoessy dan Wakil Walikota Syarief Hadler juga turun ke TKP. Sebanyak enam unit pemadam kebakaran pemkot dikerahkan untuk memadamlan api.

Kendati  mengalami kesulitan, namun pemadam berusaha dari berbagai sisi untuk memadamkan api tersebut. Kebakaran juga sempat membuat kemacetan di jalur Jalan AY Patty, sehingga langsung ditutup. Hingga pukul 20.00 WIT, barulah api berhasil dipadamkan.

Hingga berita ini diturunkan, kerugian materi yang timbul akibat kebakaran itu belum diketahui, namun ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon