Daerah ›› Wujudkan Birokrasi Akuntabel, Pemkot Gelar Bimtek SAKIP

Wujudkan Birokrasi Akuntabel, Pemkot Gelar Bimtek SAKIP


Ambon - Pemkot Ambon menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi  Pemerintah (SAKIP) tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung di Marina Hotel, Senin (11/2) itu dibuka oleh Sekot Ambon, A.G.Latuheru.

Sekot dalam sambutannya mengatakan, bimtek ini dilakukan untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif, dan efisien, yang di mulai dari perencanaan, perjanjian, kenerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data dan informasi sesuai dengan Perpres Nomor 29 tahun 2014, tentang Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah, dan Permen PAN-Rb Nomor 53 tahun 2014, tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, dan Tata Cara Reviuw atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

“Dalam perencanaan harus pastikan sasaran pembangunan daerah sesuai dengan pembangunan nasional, perjanjian kinerja untuk pastikan upaya pencapaian target-target yang diperjanjikan oleh pejabat berkompeten,” ungkap Latuheru.

Dijelaskan, penataan SAKIP yang menjadi lebih akuntabel, efektif, efisien apabila terdapat cross cutting atau keterkaitan antara sasaran dengan program atau kegiatan yang dibangun dan dikembangkan pada berbagai perangkat daerah.

Selain itu, Integritas berbagai aplikasi elektronik yang saling keterkaitan menjadi penting, misalnya antara aplikasi perencanaan dan monitoring e-palnev di Bappekot-Litbang, dengan aplikasi e-budgeting di BPKAD, aplikasi pelapor e-SAKIP dan aplikasi kinerja individu di KSN.

“Kemenpan-Rb saat ini sedang kembangkan aplikasi e-performence based budgeting atau pengangaran berbasis kinerja elektronik yang dapat digunakan pada berbagai kementrian atau lembaga dan pemda, sehingga dapat mencegah  program “SILUMAN” dan mencegah  penyimpangan, pemborosan, dan meningkatkan efektifitas serta efisiensi penggunan anggaran,” jelasnya.

Ia berharap, para peserta yang mengikuti bimtek ini dapat mengikutinya secara baik, sehingga terwujudnya pemerintahan yang akuntabel, efektif, dan efisien, serta berbagai permasalahan yang disampaikan dapat di minimalisir dan dicegah.

“Saya harapkan peserta Bimtek ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, ini penting sehingga terwujudnya pemerintah yang akuntabel, efektif, dan efisien,” pungkasnya.(S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon