Notice: Use of undefined constant _AKSES - assumed '_AKSES' in /home/siwalim/public_html/show.php on line 6

Notice: Undefined offset: 1 in /home/siwalim/public_html/show.php on line 10

Notice: Undefined index: path in /home/siwalim/public_html/show.php on line 21
Kualitas Guru Madrasah Harus Terus Ditingkatkan
Kamis, 18 Juli 2019

Selasa, 01 September 2009
Kualitas Guru Madrasah Harus Terus Ditingkatkan

Ambon - Peningkatan kualitas guru madrasah harus terus ditingkatkan, karena sampai saat ini lulusan madrasah belum kompetitif karena tidak mungkin siswa mencapai kompetensi tinggi jika guru yang mendidiknya tak memiliki kompetensi yang sesuai.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwi) Departemen Agama (Depag) Provinsi Maluku HM Attamimy dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Tata Usaha (TU) Kanwil Depag Provinsi Maluku Rustam Molle pada pembukaan pendidikan dan latihan (diklat) penghulu pertama, Guru mata pelajaran (Mapel) IPS tingkat MI, Guru Mapel Alqur'an Hadist tingkat MTs dan guru Mapel Bahas Indonesia tingkat MA tahun 2009 yang berlangsung di Balai Diklat Keagamaan, Selasa (1/9).

Dikatakan peningkatan kualitas guru madrasah dilakukan untuk meningkatnya kualifikasi guru, kompetensi guru, kinerja guru, kesejahteraan guru, prestasi peserta didik serta kualitas pendidikan madrasah.

Agar guru profesional jika didalam dirinya melekat intelektualitas yang mencakup kemampuan berpikir kritis, analistis, kreatif, inovatif, objektif, rasional dan reflektif; kepribadian yang mencakup berpenampilan menarik, berwibawa serta sehat fisik dan cerdas emosional; miliki komitmen artinya benar-benar terpanggil untuk menjadi guru, memiliki rasa kecintaan terhadap anak dan rasa kebanggaan terhadap profesi guru serta memiliki moralitas artinya menjunjung tinggi norma, etika dan moral.

Sementara itu, peningkatan kompetensi penghulu, kata dia, sangat diperlukan dalam rangka peningkatan pelayanan kehidupan beragama. Dengan adanya penghulu yang profesional tentu akan terjadi peningkatan pelayanan dan kemudahan bagi umat beragama dalam melaksanakan ajaran agama, mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pelayanan kehidupan beragama.

Sebelumnya di tempat yang sama, Kepala Balai Diklat Keagamaan Kota Ambon H Gazaly Tuasikal dalam laporannya tertulis yang dibacakan Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi, HA Hamid Kelihu mengatakan tujuan pelaksanaan diklat ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, kecakapan wawasan serta membentuk kepribadian dan sikap mental yang tangguh sebagai tenaga edukasi dan penghulu yang selalu menjunjung tinggi etika dan moral serta mampu melaksanakan tugas secara profesional, handal dan dapat menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat, dengan sasaran terwujudnya 90 guru yang memiliki kompetensi sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di MI, MTs dan MA.Peserta diklat guru IPS MI, Alqur'qn Hadist dan Bahasa Indonesia berjumlah 90 orang dariKanwil Depag Maluku 60 orang dan dari Kanwil Depag Provinsi Papua/Papua Barat berjumlah 3 orang.

Sementara peserta diklat penghulu pertama berjumlah 30 orang terdiri dari lingkungan Kanwil Depag Provinsi Maluku sebanyak 20 orang dan lingkungan Kanwil Depag Provinsi Papua/Papua Barat sebanyak 10 orang. (S-16)


Berita Terkait :