Notice: Use of undefined constant _AKSES - assumed '_AKSES' in /home/siwalim/public_html/show.php on line 6

Notice: Undefined offset: 1 in /home/siwalim/public_html/show.php on line 10

Notice: Undefined index: path in /home/siwalim/public_html/show.php on line 21
Sekretaris RMS Ditangkap Resmob Polda
Kamis, 18 Juli 2019

Minggu, 26 April 2009
Sekretaris RMS Ditangkap Resmob Polda

Ambon - Satuan Resimen Mobil (Resmob) Polda Maluku, Sabtu (25/4) berhasil menangkap Eltinus Tuanakota, yang merupakan Sekretaris II gerakan separatis Republik Maluku Selatan (RMS).

Tuanakota sendiri selama ini telah menjadi buronan pihak kepolisian, karena keterlibatannya dalam penyajian tarian cakalele dan pembentangan bendera RMS pada puncak peringatan hari keluarga Nasional (Harganas) XVI di Lapangan Merdeka Ambon, 29 Juni Tahun 2007 lalu, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tuanakota saat itu berperan sebagai koordinator
Sumber Siwalima di Mapolda Maluku, menyebutkan, Tuanakota dibekuk di pelabuhan Hunimual Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada saat dirinya hendak melarikan diri dari Ambon menuju Pulau Seram.
Tuanakota diduga, keluar dari tempat persembunyiannya, dan ke Ambon unntuk memperingati hari RMS pada Sabtu 25 April.
Namun sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Pihak kepolisian yang selama ini terus memantau aktifitas Tuanakota, saat dirinya hendak melarikan diri dari Ambon ke tempat persembunyiaanya yakni di Pulau Seram, ia langsung diringkus oleh polisi.
"Tersangka kita bekuk di desa Liang, yakni dipelabuhan pada saat dirinya hendak kabur dari Ambon menuju ke Seram, dirinya merupakan sekertaris dua pada RMS, selain itu dirinya merupakan koordinator dalam aksi tarian cakalele pada harganas lalu, kemungkinan dirinya datang ke Ambon terkait dengan HUT RMS, " terang sumber tersebut.
Ditambahkan, Tuanakota saat ini sementara menjalani pemeriksaan Ditreskrim Polda Maluku. (S-30)


Berita Terkait :