Rabu, 23 Juli 2014

Rabu, 03 Juni 2009
21 Kriteria Jadi Penentu Penerima Raskin

Ambon - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku, Y.B Kristianto mengatakan, ada sekitrar 21 kriteria yang ditentukan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, bagi masyarakat Maluku pada umumnya sebagai penerima Raskin.

" 21 kriteria yang nantinya ditanyakan kepada responden oleh BPS diantaranya, tentang berapa kali dalam sehari biasanya anggota rumah tangga makan, apakah memiliki barang-barang yang bernilai diatas Rp. 500.000, apakah untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari sering berhutang, status penguasaan bangunan tempat tinggal yang ditempati apakah disewa atau kontrak atau lainnya. Apakah punya ojek, punya tabungan Rp. 1,5 juta, apakah ada uang kiriman, kalau itu terpenuhi, maka dia tentu tidak masuk sebagai rumah tangga miskin (RTM), "jelasnya kepada Siwalima di ruang kerjanya, Selasa (3/6).

Selain itu, BPS juga akan menyelidiki soal kondisi rumah, sumber air yang diperoleh, penggunaan listrik serta criteria lainnya yang dimiliki oleh RTM.

"Kita lihat jenis dinding bangunan tempat tinggalnya, apakah terbuat dari gabus atau gimana, berapa luas lantai rumahnya, bagaimana sumber air minumnya, sumber penerangannya, pakai listrik atau tidak, jenis atapnya, berapa kali dalam seminggu dia membeli daging atau ayam atau susu, itu semua dilihat. Kalau memang semuanya itu dia bisa, kenapa harus dikatakan miskin, kalau makannya sering berhutang, tentu akan didata sebagai RTM penerima raskin, "jelasnya

Dikatakan, pihaknya akan mencoret warga yang bisa dikatakan telah mampu, tanpa harus melakukan koordinasi dengan Pemerintah.

Ketika ditanyakan mengapa RTM penerima raskin berbeda dengan RTS penerima BLT, Kristianto menjelaskan, RTS penerima Bantuan Langusng Tunai (BLT) untuk Provinsi Maluku tentu berbeda dengan RTS penerima Raskin

Hal itu dikeranakan, RTS penerima BLT adalah masyarakat yang betul-betul miskin dibandingkan dengan RTM penerima Raskin tersebut. (S-29)


Berita Terkait :